Apa Itu Bauran Pemasaran ?
Bauran Pemasaran
Apa sebenarnya Bauran Pemasaran itu ?
Berdasarkan sejarah pada 1948, Profesor James Culliton dari Harvard Business School menulis sebuah artikel
yang berjudul "The Management of Marketing Costs". Cullington menegaskan bahwa seorang eksekutif bisnis adalah :
"decider,"
an "artist"---a "mixer of ingredients," who sometimes
follows a recipe prepared by others, sometimes prepares his own recipe as he
goes along, sometimes adapts a recipe to the ingredients immediately available,
and sometimes experiments with or incests ingredients no one else has tried. (Cullington, 1948)
Seorang eksekutif bisnis dikatakan sebagai 'mixer of
ingredients,' yang kadang mengikuti resep orang lain, kadang
menyiapkan resepnya sendiri, kadang menyesuaikan resep dengan bahan-bahan yang tersedia,
dan kadang bereksperimen dengan atau menemukan bahan-bahan yang belum pernah
dicoba. Neil Borden terpikat dengan gagasan ini dan kemudian
mengadaptasikannya pada konteks eksekutif pemasaran sebagai 'mixer of
ingredients' yang harus selalu kreatif dalam mengelola bauran prosedur dan
kebijakan pemasaran dalam rangka menghasilkan laba bagi perusahaan.
Dalam artikelnya yang berjudul "The Concept of the
Marketing Mix" yang dipublikasikan pada tahun 1964,
Borden menyusun daftar elemen-elemen bauran pemasaran yang terdiri atas 12
aspek, yang terdiri atas:
1.
Product
Planning
2.
Pricing
3.
Branding
4.
Channels
of Distribution
5.
Personal
Selling
6.
Advertising
7.
Promotions
8.
Packaging
9.
Display
10.
Servicing
11.
Physical
Handling
12.
Fact
Finding and Analysis
Menurut Definisi Para Ahli :
Bauran pemasaran menurut
Kotler dan Keller yang diterjemahkan oleh Benyamin Molan (2012:23),
dapat diartikan bauran pemasaran (marketing
mix) adalah perangkat alat pemasaran
yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan pemasarannya.
Sedangkan
pengertian bauran pemasaran menurut Buchari
Alma (2012:205), diartikan
sebagai berikut :
”Bauran pemasaran
merupakan strategi mencampuri kegiatan – kegiatan pemasaran, agar dicari
kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang memuaskan. Marketing mix terdiri atas empat
komponen atau disebut 4P yaitu product,
price, place, promotion.”
Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang
dijadikan strategi dalam kegiatan perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan. Dalam bauran
pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang dikenal dalam istilah 4P,
yaitu :
1. Product
Produk adalah mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.
Produk adalah mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.
2. Price
Harga adalah suatu sistem
manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau
jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran
ongkos angkut dan berbagi variabel yang bersangkutan.
3. Place
Distribusi yakni memilih dan mengelola
saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga untuk
melayani pasar sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk pengiriman
dan perniagaan produk secara fisik.
4. Promotion
Promosi adalah
suatu unsur yang digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar tentang
produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi,
promosi penjualan, maupun publikasi.
Sedangkan dalam
pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan seperti :
5. Physical Evidence
Sarana fisik merupakan hal nyata yang
turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau
jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain
lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan
barang-barang lainnya.
6. People
Orang adalah semua pelaku yang
memainkan peranan penting dalam penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi
persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan,
konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian
karyawan dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan
penyampaian jasa.
7. Process
Proses adalah semua prosedur
aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa.
Elemen proses ini memiliki arti sesuatu untuk menyampaikan jasa. Proses dalam
jasa merupakan faktor utama dalam bauran pemasaran jasa seperti pelanggan jasa
akan senang merasakan sistem penyerahan jasa sebagai bagian jasa itu sendiri.
Sehingga dikenal
dengan istilah 7P maka dapat disimpulkan bauran pemasaran jasa yaitu product, price, place, promotion, people,
physical evidence, and process, Menurut Kotler dan
Amstrong (2012:62).
Faktor penghambat dan menunjang pengembangan produk baru
Faktor penghambat:
Faktor penghambat:
- Makin tingginya biaya modal
- Peranturan pemerintah
- Biaya tenaga kerja yang juga mahal
- Ketakutan bahwa produk baru hanya akan membunuh pasar perusahaan yang sudah ada.
- Kamajuan teknologi
- Perubahan dalam kebutuhan konsumen
- Daur hidup produk yang semakin pendek
- Makin meningkatnya persaingan pasar internasional.
Comments
Post a Comment